GUNUNG RINJANI

Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan menjadi gunung favorit bagi para pendaki di Indonesia. Gunung Rinjani memiliki pemandangan yang sangat indah dan memanjakan mata bagi yang mendatanginya. Selain itu, terdapat Anak Gunung Rinjani (gunung Barujari) yang berada di tengah Danau Segara Anak yang sungguh elok dipandang mata. Di sekitar Danau Segara Anak terdapat pemandian air panas yang bisa dinikmati oleh pengunjung gunung Rinjani.

Gunung Rinjani memiliki 2 jalur yang sering di lewati oleh pendaki, yaitu Sembalun dan Senaru. Dari Sembalun para pendaki mengurus SIMAKSI di RTC (Rinjani Trek Center). Setelah itu pendaki melakukan perjalanan ke pos 1 kurang lebih 2 jam. Dari pos 1 di lanjutkan ke pos 2 kurang lebih 1 setengah jam perjalanan. Dari pos 2 lanjut ke pos 3 kurang lebih 2 jam perjalanan. Dari pos 3 ini pendaki akan melewati bukit penyesalan untuk sampai di Plawangan Sembalun yang membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 jam. Di Plawangan Sembalun para pendaki bisa mendirikan tenda untuk istirahat dan mengambil air untuk memasak. Summit Attack bisa di lakukan mulai jam 1 dini hari dari Plawangan Sembalun yang membutuhkan perjalanan waktu kurang lebih 4-5 jam untuk sampai puncak.

Menuju ke Segara Anak dari Plawangan Sembalun membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam. Jalur untuk menuju Segara Anak menuruni lereng yang memiliki kemiringan kurang lebih 25-30 derajat yang cukup bisa membuat pendaki lebih ekstra hati-hati. Setelah sampai di Danau Segara Anak pendaki bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan Gunung Barujari yang sungguh elok. Jika pendaki ingin langsung mandi air hangat, pendaki bisa jalan 5 menit ke utara mengikuti jalan setapak dan juga bisa ngambil air bersih di sekitar pemandian.

Plawangan Senaru, dari Danau Segara anak menuju Plawangan Senaru membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Selama perjalanan dari Segara Anak menuju Plawangan Senaru pendaki bisa menikmati pemandangan gunung Barujari dan juga danau Segara Anak dari sudut pandang yang lebih jelas dan indah dari sisi Plawangan Senaru. Dari Plawangan Senaru sampai Jbag Gawah (pos terakhir) jalur turun terus. Plawangan Senaru ke pos 3 bisa ditempuh kurang lebih 1 jam. Dari pos 3 ke pos 2 kurang lebih 2 jam perjalanan. Pos 2 ke pos 1 kurang lebih 1 jam dan dari pos 1 ke Jbag Gawah kurang lebih 30 menit. Dari Jbag Gawah ini pendaki bisa bermalam (jika ingin bermalam) di depan warung. Biasanya pendaki ditawarkan jasa ojek menuju pemberhentian angkot oleh Ibu pemilik warung 60 rb/orang.

Sekian coretan dari kami, mohon maaf jika ada yang salah dan kekurangan dalam penulisan ini.

NB :Tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi. Jadi jika waktu tempuh dari pos ke pos yang lain anda lebih cepat atau lambat itu tergantung dari tenaga dan mental anda.